Isa Kurniawati

Lahir dan dibesarkan di kota Lumajang,bekerja dan tinggal di Bondowoso...

Selengkapnya
Navigasi Web
Tantangan hari keenam'Pojok Literasi di kelasku'

Tantangan hari keenam'Pojok Literasi di kelasku'

Tiap pagi aku membiasakan siswa-siswi di kelasku untuk membaca buku yang terdapat di rak buku yang terletak di pojok kelas.Mereka mengambil sendiri buku yang di suka.Buku - buku itu mereka ganti tiap dua minggu sekali. Ini kami lakukan agar mereka tidak bosan dengan judul buku- buku yang di baca..Pembiasaan literasi ini bertujuan untuk menumbuhkan minat baca dan wawasan pengetahuan mereka tentang buku yang dibaca

Kali ini aku gunakan pojok literasi di kelasku bukan hanya untuk menimbulkan minat baca siswa- siswiku saja.Aku coba menggunakan buku - buku itu untuk memperbaiki tulisan mereka.Mereka ku minta membuat sinopsis atau rangkuman dari buku yang di baca.Rangkuman itu Tidakmereka tulis dalam buku khusus untuk memperbaiki tulisan yaitu buku halus.Maklum di kelas tinggi sekarang ,mata pelajaran tulis tegak bersambung hampir tidak ada.Bahkan sekarang semua mapel pokok di SD terintegrasi menjadi tematik keciuali matematika.

Beberapa anak belum dapat membuat sinopsiis dengan baik.Tapi tidak masalah mereka masih terus belajar.Tapi saat ini yang menjadi fokus pengajaranku adalah meminta mereka menulis menggunakan huruf tegak bersambung.Karena dengan ini mereka berlatih untuk membedakan penulisan huruf perhuruf Jadi aku tidak perlu lagi melncari waktukhusus tentang penulisan tegak bersambung.

Selain itu aku minta mereka menceritakan hasil sinopsis dari buku yang mereka baca.Dengan gaya mereka yang khas mereka mulai bercerita walau kadang mereka tidak bisa menjawab tentang isi buku yang di baca." Lupa,Bu " begitu kilahnya kalau aku bertanya tentang isi buku.Bagiku aku sangat terbantu dengan kegiatan ini karena dengan bertanya jawab dengan mereka ,aku bisa mengetahui isi buku tanpa harus membacanya.Semoga dengan kegiatan ini tulisan siswa- siswiku bisa menjadi lebih baik lagi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Lanjut Bu. Mantap deh. Salam kenal saya Romdonah dari Wonosobo

21 Jan
Balas

Mantap bu

21 Jan
Balas

Trimakasih Bu sebenarnya saya ragu nulis di sini. Tata bahasa saya amburadul.Trimakasih motivasinya

21 Jan
Balas



search

New Post